Monday 1 July 2013

SAHABAT


SAHABAT, mereka memang tidak selalu ada buat kita, ada sahabat yang selalu ada saat kita tertawa namun dia tak ada saat kita menangis. Ada pula sahabat yang selalu ada menemani kita saat kita sedih, tapi dia tak ada saat kita bahagia…Dan begitupun seterusnya…



Persahabatan, kadang emang selalu diselimuti dengan pertengkaran, perbedaan pendapat, perang dingin, dan salah paham lainnya. Ya itu hal yang wajar. Sangat wajar malah ! Ada pertengkaran yang disebabkan karna masalah kecil, & ada juga permusuhan yang dikarenakan masalah yang sepele (Apa bedanya?)


~ Ada yang rebutan cowo/cewe terus akhirnya berantem, (jambak-jambakan, tampar- tamparan, tinju-tinjuan, teriak kata-kata kotor dimuka umum atau saling ejek, saling caci maki dan saling menghina dijejaring sosial) *emang ga malu ya? Hii*

~ Ada lagi yang mantannya jadian sama temennya dan ngerasa ga terima, sampe-sampe tu mantan difitnah abis-abisan biar mereka putus ! *kejem banget ya? Lebih kejam daripada pembunuhan tuh :p eh*
~ Ada juga yang lagi ngincer seseorang tapi targetnya malah suka sama sobatnya sendiri, terus jadi dimusuhin.. Ada juga….
Macem macem dah permasalahannya !!
~ Ada juga nih yang saking nyebelinnya dia jadi dijauhin
~ Saking begonya dia jadi di bully, dihina, dicaci maki *Lebay
~ Saking cakepnya sampe dicemburuin (gara-gara cakep, semua orang jadi naksir kedia, dan kita cuma duduk menyendiri atau diam mematung mengeluhkan nasib jadi jomblo :p) *Kasiaaan :(
~ Saking baeknya jadi dimanfaatin..  *Hadeeh.. Parah Banget Ya ! -_-

Padahal arti dari namanya Sahabat sendiri ga gitu *males banget kalo punya sahabat kayak gitu* Hih !


Oke, Sekarang, gue mau berbagi pengalaman nih, semua yang baca catetan ini secara otomatis udah menganggap gue sahabat kalian sendiri ya.. Secara, yang namanya sahabat itu identik dengan yang  namanya “Berbagi” right? Pasti setuju dong !!

Gini, sejak SD gue ga paham apa itu Sahabat. Tau si, tapi cuma ga paham aja gitu! Jaman SD itu jaman yang (menurut gue) masih labil banget ! *meski jaman sekarang banyak juga yang masih labil :p*

Tapi yang namanya SD (Sekolah Dasar) pasti ya masih pada polos gitu, cupu, culun, dekil, tengil, sering berantem, gampang ngambekan, seneng pamer, dll *termasuk gue :p*


Nah, Pas SD ada tuh sobat gue yang udah dekeet banget sama gue (udah kaya sodara sendiri). Tiap hari kemana-mana sama gue (dia suka ngintilin gue soalnya :p), main juga sama gue & tiap pulang sekolah dia selalu mampir dulu kerumah gue... 

Dia baik, baik banget malah ! Dan mungkin dia sobat pertama gue yang terbaik. Enak banget diajak curhat! Semua yang gue curhatin selalu nyambung ma pikiran tu anak..


Tapi, sejak SMP…  Awalnya gue sedih bakal pisah jauh dari sobat gue itu...

Dan gue beranggapan ga ada yang bisa gantiin dia sebagai sahabat terbaik gue, karna menurut gue sendiri susah banget nyari sahabat (sahabat yang bener-bener baik)

Eh, Gataunya….. Setelah gue jalanin masa-masa SMP selama tiga tahun ini, banyak banget Sahabat yang gue punya. Dari berbagai macam kategori (Ada gitu ya, sahabat pake kategori segala? :/)

Sahabat gue itu beda beda….

Setiap Sahabat punya karakter masing-masing. Itu Jelas ! karna kita sendiri terlahir dari rahim yang berbeda & diciptakan dengan wataknya masing-masing…


 ~ Ada sahabat gue yang Plinplan abis kalo urusan cowo  ! Gue sendiri juga heran, dia tuh Laris banget!  Beneran ! (Wajar aja si, soalnya dia cantik, pinter, modis, tajir pula, kece deh pokokknya !) Sekali jomblo, kaga pernah nyampe sebulan (seminggu aja juga udah dapet lagi kayaknya :p) And sekali dapet cowo, kaga pernah nyampe setaun. Pernah si pacaran sampe setaun, (Dulu) tapi sekarang malah udah ga ada kabar lagi tuh sama ‘mantan terlama’nya itu.. Dia juga pernah musuhin gue gara-gara tu cowonya naksir ke gue ! Ga cuma gue doang yang pernah ditaksir sama cowonya, tapi sahabat kita yang lain juga pernah. Kan itu bukan salah kita ya ?? *Jelas bukan lah* Berarti emang cowonya aja yang kaga bener. Eh malah kitanya yang dimusuhin & dijauhin… :(
Tapi waktu itu kita ga lama kok jauhannya, tu anak (Alhamdulillah) cepet sadar ! And now… Dia ga bakalan lagi ‘lebih milih pacar daripada sahabat’ :)

~  Terus ada juga sahabat gue yang cengengnya minta ampun ! Tapi meski dia tuh cengeng, sebenernya dia cewe yang tegar kok ! Dia mampu bertahan sama pendiriannya, dan rela berkorban demi cintanya :) *ceilee :D*
~  Nah, ada lagi nih sobat gue yang cemburuan banget ! Sampe gue (sobatnya sendiri) dia cemburuin gara-gara deket ma cowonya ! *Sorry, gue sama cowonya dia juga sahabatan kok :)*
~ Ada juga yang playboy ! (alias tukang PHPin cewe) Kasian si sebenernya cewe yang jadi korban tu anak, tapi dia sering dapet karmanya kok ! Tapi percuma aja, kaga kapok-kapok-__-
~  Ada juga yang gayanya itu sok cool pake banget !! Tapi meski dia sering terbar pesona, dia setia banget kok sama cewenya ! :) meskipun LDR juga tetep aja ga nglirik cewe lain, hampir aniv two years lagi *Saluuut
~ Ada lagi, sobat gue yang anaknya tu kalem, lucu, baik, bisa jaga rahasia, pantang menyerah, ketawanya itu juga tedengar renyah & gurih gimanaa gitu *Makanan kalee :p*
Wah.. pokoknya idaman semua pria dah ! Tapi sayangnya ni anak kurang terbuka kalo soal mengenai 'Pacar'.
~ Emm, ada juga sobat gue yang anaknya itu centil, ganjen, alay baday, pokoknya manja banget deh. Tiap pacaran jarang awetnya, tiap hari juga kaga pernah absen abdet status tuh, sehari ada sampe lima kali mungkin. Dan isi statusnya, itu menggambarkan perasaan dia yang galaauu mulu ! Dan yang terakhir, ketawanya itu loh : Cetar Membahana Badai Halilintar Petir (whatever dah !) bahkan ni anak pernah dibilang 'Obatnya habis' sama gurunya pas lagi ngajar *Nahloh
Tapi ni anak ramah kok, pinter juga :D meskipun aneh tapi unik lah.
~ Dan gini, gue juga punya sahabat yang anaknya itu ga bener (dalam artian dia itu baik sama orang lain, tapi dia ga baik sama dirinya sendiri). Dia kadang nglakuin hal ga baik, tapi dia berusaha ngelarang kita buat ga nglakuin hal buruk itu. Maklum aja si, mungkin itu pegaruh temen atau suasana brokenhome yang bikin jiwa labilnya muncul. Tapi sebenernya dia dewasa, kadang dia dateng kaya setan tapi kadang juga hadir bagai malaikat *Wiii..sebegitunyaa.. :D*


Tapi emang kok, dia kadang seseorang yang labil, tapi kadang dia juga seseorang yang dewasa. Aneh emang, tapi ya gitu kenyataannya :/

Dan kita, sebagai sahabatnya yang lain juga ga bakal jauhin dia hanya karna dia itu ga baik. Kita tetep sama dia. Kita bakal bantu dia supaya dia lebih baik lagi sama orang lain and be better for himself. Cuma kitanya harus tetep jaga iman, bukannya kita yang malah jadi ikutan ga baik :(
(sorry buat elo yang ngerasa, kita semua sayang sama elo kok :))


Kalo gue sendiri : lebih sering dapet julukan si Polos atau si Tukang Minta Maaf (-_-“) Karna gue emang gampang banget ngerasa bersalah & sering juga buat minta maaf. Sekalipun gue ga punya salah apa apa. Alhasil, gue lebih sering dipanggil Polos.

***

Yang namanya sahabat itu kalo berbuat salah ya tetep harus dimaafin lah, iya dong! Sahabat ga pernah berniat buat salah ke kita. Sama sekali ga niat sebenernya, cuma ada juga sahabat yang emang sifat dari sononya itu suka sewot, suka marah, suka protes, cemburuan, nah macem-macem dah ! Tapi kita sebagai sahabat juga ga boleh jauhin dia meskipun dia itu nyebelinnyaa setengah mampus…! Kalo dia salah, kasih tau aja baik-baik, kalo akhirnya jauhan juga nantinya bakal baikan lagi (namanya juga sahabat ).

Kalo gue sama sahabat-sahabat gue udah ga ada lagi yang namanya jaim jaiman. Meskipun (kadang) gue merasa, diantara kita terlalu banyak yang munafik, banyak diantara kita (mungkin) ada yang ga saling suka, tapi diantara kita pinter banget buat nutup nutupin..


Tapi kalo kita salah kita bakal ngomong secara live, malah kadang blak-blakkan bila perlu ! Tapi apapun kesalahan sahabat, kita sama sekali ga bisa benci sama dia. Kita terima sahabat-sahabat kita apa adanya, dengan sifat mereka masing masing..

Karena setiap sahabat, punya karakter baik dan buruknya sendiri-sendiri. Kebanyakan dari kita juga lebih milih curhat kesahabat ketimbang orang tua kan? Setiap ada masalah, sahabatlah orang pertama yang bakal kita jadiin tempat curahan hati...


Tapi kita, sebagai sahabat yang dipercaya, harusnya juga bisa jaga rahasia sahabat kita itu dengan baik. Kalo ada yang minta tolong ya dibantu (itupun kalo kita bisa bantu), kalo ada yang pengin curhat panjang lebar ya kita setia dengerin.

Tapi gue heran, kadang setiap ada yang curhat kecewe, durasi curhatnya lebih lama (cewe sama-sama rempong, bukannya dengerin curhatan malah kadang jadi curhat balik, iyakan?) 


Kalo soal berantem itu wajar, kita juga sering gitu. Tapi diantara kita ga ada yang saling benci ! Kita semua saling menyayangi :) Diantara kita ga ada gengsi-gengsian, kalo kita salah ya kita ga pernah malu untuk mengakui kesalahan and meminta maaf duluan. Yang namanya KITA (me and all my best friends) juga dah biasa yang namanya duduk berdua, boncengan, main bareng, nonton bareng, makan juga bareng, (bahkan pernah 1 sendok buat bertiga, atau 1 sedotan buat berlima x_x) *Saking deketnya mungkin…*Pernah juga kita pesen satu mangkok soto atau mie goreng buat 6 orang..Waah.. itulah persahabatan kita..Special, berarti, berkesan, sederhana, dan apa adanya. Meskipun aneh !Nah, darisitu gue baru paham apa yang namaya sahabat dan arti sebuah persahabatan :)



Kita ga peduli orang lain mau ngomong apa tentang persahabatan kita, yang penting persahabatan itu kita sendiri yang jalanin. Sahabat itu keluarga kedua buat gue. Hampir setiap hari gue ngejalanin setengah hari bareng sahabat-sahabat gue. Sejak gue sekolah, gue punya banyak sahabat, dan sejak gue punya banyak sahabat, gue lebih sering jalanin waktu gue bareng mereka…

Semua orang tua sahabat juga udah dianggep ortu kita sendiri (termasuk nyokap gue) dan semua sobat gue, juga udah dianggep anak semua sama nyokap gue :) gue bahagia punya sahabat, gue bersyukur banget sama persahabatan yang saat ini gue jalanin…


Cewe/cowo itu semua sama , intinya kita itu sahabat, dan sahabat itu sesimple kebersamaan.

Tiap sahabat juga pasti punya pendapat sendiri-sendiri, yang kadang ada sampe berantem gara gara perbedaan argument. Tapi itu hal yang wajar, karna mungkin cara kita mengekspresikan apa yang menurut kita benar itu beda-beda. Sahabat juga saling melindungi, saling menjaga, saling menasehati. Dan semua peran sahabat itu Penting !

***

Itu aja si yang bisa gue share mengenai sahabat dalam hal persahabatan :) Sebenernya masih banyak lagi pengalaman dan kesan yang pengen gue ceritaiin diisini…

Tapi kapan-kapan aja ya gue sambung lagi :) Semoga bermanfaat !




Studytour to Jakarta, 22 March 2012



Special farewell moment, 18 Mei 2013

No comments: