Friday 3 January 2014

Broken Heart

Broken Heart…
Oke, hal apa yang pertamakali kalian pikirkan ketika denger kata itu? Sakit hati? Ya iyalah. Pasti itu hal yang lagi dirasain seseorang kalo lagi broken heart.
Kira-kira siapakah yang tega lakuin hal itu sama kalian? Mantan yang baru aja jadian sama cewe barunya setelah satu jam yang lalu putusin kalian? Atau pacar kalian yang ketahuan jalan sama cewe lain padahal cewe itu adalah selingkuhannya? Atau mungkin gebetan kalian yang dari dulu PHPin kalian mulu dan ga nembak-nembak?
Entahlah.. mungkin “patah tulang" lebih banyak diminati para jomblo yang lagi broken heart daripada “patah hati”. Periiihh woyy!!
Patah tulang masih mending, cuma ngerasain pegel doang plus ngerasa kesakitan waktu tuh tulang meleset kearah yang lain. Semacam dislokasi gitu deh!
Nah, kalo patah hati? Pegel iya. Nyesek iya. Ngenes iya. Sakit iya. Perih apalagi!
Iyakan? Ya Iya lah. -__-

Well, malam ini gue mau share pengetahuan gue tentang "patah hati". Ciyeehh
Berlaga sok tau banget yeh, padahal ya gue juga ga jago-jago amat mengatasi masalah gituan. Tapi tenang, gue punya banyak pengalaman soal broken heart kok, jadi pernah juga coba-coba segala cara buat ngilangin patah hati. *semprot parfum*
Gue yakin, hampir semua orang juga pernah ngalamin yang namanya patah hati kan? Gak normal kalo ga pernah! (kecuali bayi, balita, dan anak-anak yah! Mereka kagak tau soal itu. Bisa-bisa mereka berpikir patah hati itu adalah ‘ketika hati yang ada dalam tubuh mereka patah atau tergores dibelah-belah pisau sama psikopat) *Oke, lupakan!*


Selanjutnya, kalo emang iya ada salah seorang diantara lo pade yang ngerasain patah hati, atau mungkin temen lo, temennya temen lo, sahabat lo, sodara lo, guru lo, nyokap or bokap lo, mbah lo, mbahnya mbah lo, atau siapa aja deh. Kira-kira apa yang lo lakuin?
Nangis? Oke, itu pasti! Gue rasa cuma orang berhati baja aja yang bisa kagak nangis pas ngerasain patah hati. Tapi apa iya cuma nangis doang yang bisa lo lakuin? Kasian tuh bakul tissue, cuma disibukkin jualin tissue buat elo! Nah, kalo gitu gimana kalo lo pacaran aja sama bakul tissue? Weks *ngemut tissue*


Gue saranin jangan terlalu buang-buang air mata lo buat orang yang udah bikin lo patah hati ya! Kasian tuh mata. Bisa-bisa bengkaknya ngalahin muka lo waktu ditonjok preman. Oke, nangis emang boleh, tapi seperlunya aja ya! Hanya sekedar untuk mengguyur hati lo yang lagi berdarah. Biar ga infeksi. *semakin ngelantur*
Terus apa lagi yang kira-kira bakal lo lakuin pas patah hati? Bunuh diri? Oh my god, jangan biarin lo masuk neraka segampang itu hanya gara-gara orang yang udah nyakitin elu. Apalagi kalo ternyata lo gak punya cukup modal untuk masuk surga. Inget dineraka gak ada musim ujan, panas terus disana woy ! :'|

Mending buat ngobatin patah hati lo, coba deh lo menghadap sama Yang Maha Kuasa. Curhat sama Tuhan, minta tolong buat dibantu ngelupain sakit hati lo, rajin-rajinin ibadah aja deh! biar kelak Tuhan bakal kasih jodoh yang terbaik buat lo. Dan ga akan ngebiarin lo sakit hati lagi untuk kesekiankalinya.
Kalo yang buat seiman sama gue, jangan lupain yang namanya sholat! Tapi kalo cuma diinget doang tanpa dilakuin percuma juga yah? Maksud gue, rajinlah melaksanakan sholat, habis sholat jangan lupa berdoa, ditambah berdzikir & baca Al-Qur’an juga. Sering wudhu kalo lagi ngerasa ga enak pikiran. Pokoknya sering-sering ibadah aja! Biar lo selalu sehat otak sama hatinya, terlindungi dari yang namanya sakit hati, terhindar dari kegalauan dan terhidar dari bisikan setan untuk nemenin dia dineraka. Hihihiii *ketawa ala penyihir*


Oke fokus…
Gini, bisa dibilang, selain gue banyak pengalaman broken heart, gue juga berpengalaman mecahin solusi sekaligus jadi tempat curahan dari beberapa client  (dibaca: korban) gue. Mulai dari penyesalan mereka karena udah jatuh hati sama orang yang salah, keluhan mereka tentang betapa jahatnya pacar mereka yang udah selingkuhin mereka, de el el

Seperti yang gue bilang sebelumnya, gue juga pernah "dikecewain", “diselingkuhin”, “dipehapein”, “dan lain lain” Tapi itu udah cukup bikin gue berada dititik terendah kesedihan (alias down).
Terus lu berfikir kalo gue bakal nangis gitu? galau? Ngurung diri dikandang? (dikamar gue maksudnya) atau mencoba beberapa strategi untuk bunuh diri? No way! I have not time for it! Buang-buang tenaga dan waktu aja!
Oke, lanjut…
Simak baik-baik paragraf setelah ini.
*bakar menyan* *bakar foto mantan juga* (itupun kalo punya)

Biasanya, ketika sesuatu yang disebut "broken heart" itu hinggap pada diri kalian, pasti satu kata yang tepat yang mungkin kalian lakuin adalah "galau". Terus? "galau lagi". Abis itu? "galau lagi aja”. Selanjutnya “galau lagi aja teruuus”.
*gituu terus sampe Transformer jadi manusia*

Galau doang? Ditambah gila dan nangis histeris juga dong! *enggak ding!*
Ayolah.. mau sampe kapan? sampe mantan lo ngajak balikan? sampe gebetan lo ngeresmiin tanggal jadian buat lo? atau sampe pacar lo ninggalin selingkuhannya demi elo? Oh God, yakin punya waktu sebanyak itu? Gue si engga. Hih…
*gosok gigi * *sembur kemuka nenek* *digampar*


Ketika lu "Broken heart", entah itu pertamakalinya atau mungkin lo udah pernah ngerasain hal kaya gitu sebelumnya (kasian amat), gue yakin, broken heart kedua ga akan sesakit broken heart yang pertama, dan broken heart yang ketiga ga akan sesakit broken heart yang kedua, dan begitupun seterusnya…
Coba deh, lo flashback lagi masa-masa ketika lo juga pernah ngerasain hal yang menyakitkan kaya gini dan lo berhasil ngelewatin masa-masa terberat itu.
Terus lo inget masa-masa dimana seseorang yang bikin lo broken heart nyakitin lo, dengan begitu lo akan inget terus kalo dia bukanlah seseorang yang terbaik buat elo. 

Terus kalo udah flashback, apaan lagi? Bunuh dirinya jadi kan? Ya jangan jomblo!!
Lo lakuin lah hal yang belom sempet lo lakuin jamannya lo masih pacaran sama mantan lo. Lakuin hal yang lo suka sebebas yang lo mau (asalkan jangan yang seronok yah!) Tapi juga jangan lakuin yang membuat orang lain rugi. Jangn bikin malu! x__x
Jangan mentang-mentang lo pernah disakitin, terus sekarang lo mau nyakitin orang lain gitu? Sama aja lo kaya mantan, Setan! Gue saranin, meskipun lo ga punya pacar, jadilah jomblo yang baik hati dan ga sombong dengan kesendirian lo ;;) *ngedipin mata* *kelilipan*

Lalu langkahnya apa lagi ya? Easily! Cari kesibukan lain kek,nek,mbah,bu,pak *oke, abaikan*
Carilah kesibukan yang bermanfaat buat hidup lo dan syukur buat orang lain juga. Biar lo sedikit lupa sama sakit hati lo karena terselingi kesibukan.
Inget, hal yang paling bisa membuat kita melupakan sakit hati itu hanya waktu, dan cinta yang baru. Mungkin dengan sibuk, lo jadi ga ada waktu buat ngegalauin masalah yang lagi lo hadapi, and dengan kesibukan lo juga, lama kelamaan sakit hati itu juga akan menghilang dengan sendirinya kok. Dan kalo lo beruntung, kesibukan baru lo ini bakal nuntun lo nemuin cinta baru yang lebih baik.
Gue yakin, ini hal paling positif dan manjur buat ngilangin rasa sakit hati lo selama ini.
*karena gue sendiri juga pernah ngalamin hal itu.

Tentang gue sendiri, gue akui gue emang seseorang yang susah ngelupain orang yang gue cintai. Faktanya gini, meskipun mantan gue udah putusin gue berbulan-bulan yang lalu pun, gue masih tetep cinta sama dia. Tapi bukan berarti gue selalu ngestalk TL dia, atau cari tahu semua hal tentang dia setelah dia putus dari gue, atau ngejar-ngejar dia mulu tiap ketemu, atau ngajak balikan mulu lewat message, atau neror cewe-cewe yang lagi deket sama dia atau bahkan ngancem cewe yang udah jadi pacar dia.

Gue bukan orang kayak gitu! Gue bukan c
ewe yang sebegitunya ga punya malu sama mantan gue. Tapi gue juga bukan cewe yang berani nglabrak dia mati-matian, atau nonjok dia sampe mukanya mirip zombie, atau buang muka tiap ketemu, atau ngata-ngatain dia sampe semua orang tau gimana bejatnya dia atau mungkin nyantet dia ke mbah dukun sampe dia gila. Dan gue juga bukan seseorang yang berusaha nyari pengganti mantan, atau bayar orang buat pura-pura jadi gebetan gue, atau bersikap murah yang mau dideketin sama cowo manapun.
*kabanyakan ataunya nih* -__-

Selain jadi jomblo yang baik hati dan tidak sombong,sudah sepatutnya kita juga harus menyandang gelar sebagai mantan terbaik untuk seluruh mantan-mantan kita yang pernah ada. Ibaratnya, jadikan diri kita sebagai mantan yang paling berkesan untuk mantan-mantan kita yang lain. Atau bisa jadi, jadikanlah diri kita sebagai seseorang terbaik yang pernah singgah dihati mantan! *senyum manis :)* *lambaikan tangan*

Dari setiap kisah broken heart yang pernah gue alami, gue sama sekali gak pernah ngebenci mantan-mantan gue. Kita semua masih kontakan kok, tiap ada waktu ya sesekali main bareng, tiap ketemu juga selalu kasih senyuman termanis (biar mereka tau betapa manisnya gue) *cuci muka pake gula*
Tapi gue juga punya komitmen : “apapun yang udah mereka lakuin ke gue, baik itu yang membahagiakan atau menyakitkan sekalipun, gue bakal terimakasih karena mereka udah ngajarin gue tentang banyak hal yang belum gue tau didunia ini.”
Dan gue juga selalu bilang : “Sesakit apapun aku karena ulah kalian, baik itu disengaja atau engga disengaja, aku engga akan benci kalian. Aku engga akan pernah melupakan kalian. Tapi aku juga ga bisa segampang itu percaya sama kalian (lagi) :)” Inget! Jadi mantan yang baik hati!
*gebrak-gebrak meja* Demi Tuhaaaannn (`
´#)

Percaya deh, hukum karma masih berlaku kok, ga akan pernah basi. Seseorang yang pernah nyakitin kita, kelak bakal ngerasain juga disakitin sama orang lain. Semua yang kita perbuat selalu ada balasannya. Itu pasti! Karena Tuhan Maha Adil! Jika Dia mengijinkan seseorang menyakiti kita, kita juga akan diijikan untuk melihat orang itu tersakiti.
Well, tinggal duduk manis aja sambil nonton tivi, ngemil dan minum jus sesuka hati, nyalakan AC atau kipas angin, teruuuss… *ngorok*

Berpikirlah "ketika kita menjalani hubungan dengan orang lain, mereka (pasangan kita) tidak berkewajiban membuat kita bahagia" ketika mereka menyakiti kita untuk kemudian mereka pergi ninggalin kita dan membahagiakan diri mereka sendiri itu hak mereka kan?
Kita sendiri juga tidak memiliki kewajiban untuk membahagiakan mereka. Kewajiban kita hanya untuk membahagiakan kedua orang tua kita dan seluruh keluarga kita. Dan satu lagi, kita tidak bisa menuntut orang lain agar bisa membahagiakan kita dengan cara yang kita mau. Biarkanlah orang lain membahagiakan kita dengan cara mereka sendiri, makadari itu kita akan tau siapa seseorang yang benar-benar tulus membuat kita bahagia. Karena sebagian kemampuan untuk membuat kita bahagia ya hanya diri kita sendiri. Kita sendiri yang mau dan tau bagaimana caranya membuat diri sendiri bahagia. Bukan orang lain termasuk pacar, kakak, adik, atau bahkan seluruh keluarga kita.

"lalu gimana kalo pacar gue janji bakal bahagiain gue?" ayolah itu semua bulshiting!
Kemampuan setiap orang untuk membuat orang lain bahagia pasti beda-beda kan? Jadi, jangan pernah berpikir untuk mempasrahkan kebahagian kalian sama orang lain. Ketahuilah, mereka juga punya kesibukan untuk membahagiakan diri mereka sendiri.

For last, ini tips paling topcer untuk menghindari "patah hati".
Ketika kalian menjalani kehidupan, pilihlah posisi berdiri bukan bersandar. Ingat, ketika kalian hidup dalam posisi berdiri kalian gak akan jatuh ketika orang lain pergi. Kalian masih bisa bangun dan berjalan tanpa mereka karena kalian gak bersandar sama mereka. Posisi ini paling aman kalo kalian emang mau menghindari yang namanya "patah hati". Dengan berdiri and keep holding on your commitment, maka gak akan ada yang bisa merusak kebahagiaan kalian, terlebih sesuatu yang disebut "patah hati" :))

No comments: